PSDA Post #5: Semangat Berkarya

Berkarya bukan merupakan kata asing di kalangan mahasiswa. Sebagai seorang mahasiswa diharapkan oleh masyarakat untuk menciptakan sebuah karya untuk masyarakat. Dalam KBBI sendiri “berkarya” memiliki 2 arti yakni profesi dan mencipta. Namum hal yang akan ditekankan dalam tulisan ini ialah arti “berkarya” dalam mencipta. Mencipta disini berarti menciptakan suatu hal yang dapat bermanfaat bagi orang lain.

Kata berkarya yang tidak asing di kalangan mahasiswa, terkadang di salah artikan oleh beberapa mahasiswa. Beberapa mahasiswa merasa berkarya baru dapat dilakukan setelah diri mereka selesai menempuh pendidikan di universitas. Padahal dalam berkarya sendiri tidak harus lah menciptakan suatu hal besar yang manfaat nya langsung dapat dirasa oleh banyak orang.

Menciptakan suatu hal sederhana yang bermanfaat bagi orang lain juga disebut sebagai berkarya. Manfaat yang diberikan pun tidak harus selalu dirasakan oleh orang banyak.

Semangat dalam berkarya harus ditanamkan pada diri pribadi kita masing masing sampai kapanpun. Hal ini lah yang menjadi motivasi besar bagi seseorang untuk berkarya. Dengan semangat berkarya yang kuat, seseorang akan berjuang semaksimal mungkin untuk dapat berkarya.

Oleh karena itu, diri kita sebagai seorang mahasiswa yang memiliki kesempatan lebih di bidang pendidikan dibanding pemuda lain di bangsa ini harus memiliki semangat berkarya yang tinggi sebagai salah satu wujud syukur kita kepada Tuhan. Bukankah manusia terbaik adalah manusia yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain.

Radiyya Dwi Saputra — 13515023 (Ketua Departemen Inkubator IT)
Divisi Pengembangan Sumber Daya Anggota
#ShareToEmpower
#BersamaBerbagiBerkreasi

No comments yet

Leave a Comment