Bitcoins

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah Bitcoin. Bitcoin adalah salah satu media pembayaran digital yang digunakan untuk transaksi dalam dunia online. Bagi Anda yang gemar melakukan transaksi melalui internet, bitcoin adalah salah satu cara pembayaran yang sangat banyak digunakan—nyatanya, sejak diperkenalkan keberadaannya pada tahun 2009 lalu, kini bitcoin digunakan sebagian besar pelaku e-commerce sedunia.

Asal – usul mata uang virtual ini bisa dikatakan cukup terlupakan. Ada yang mengatakan bitcoin tiba – tiba muncul keberadaannya berkat kerja sekelompok anonim yang merevolusi dunia transaksi online. Tetapi, sebagian situs – situs lainnya menyebutkan nama Satoshi Nakamoto—ahli komputer jepang yang sudah memulai proyek bitcoin ini mulai tahun 2007. Beberapa sumber lainnya mengatakan bahwa Satoshi Nakamoto sendiri hanyalah nama fiktif belaka.

Bitcoin dapat dibangkitkan oleh para penambang bitcoin, atau sering disebut Bitcoin Miners. Tentunya penambangan bitcoin ini memerlukan waktu yang tidak sebentar dan usaha yang tidak mudah juga. Nilai tukar atau value dari bitcoin akan diatur sedemikian rupa mengacu pada persebarannya di dunia maya sehingga jumlahnya teratur dan terbatas pada sebuah limit tertentu. Bitcoin kemudian dapat disimpan layaknya sebuah file dalam sebuah komputer, sebagai bagian dari perangkat penyimpanan. Pemilik bitcoin dapat menggunakan file – file ini untuk melakukan transaksi dengan pengguna bitcoin lainnya.

Untuk penggunanya, cara memakai bitcoin dapat dikatakan cukup sederhana. Anda dapat menggunakan bitcoin yang anda miliki pada alamat bitcoin Anda—berupa 33karakter angka dan huruf acak—untuk bertransaksi dengan cara mengirimkannya kepada alamat bitcoin tujuan. Sebagai uang virtual, hanya para pemilik bitcoin saja yang bisa menggunakan bitcoin yang ada di sebuah transaksi, ditambah lagi segala transaksi yang terjadi akan terenkripsi dengan ketat tanpa perlu adanya informasi – informasi tambahan sehingga pelaku transaksi dapat menjaga kerahasiaannya.

Bitcoin memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah kerahasiaannya seperti dijelaskan di paragraph sebelumnya. Selain itu, transaksi yang langsung terjadi antar-pengguna menyebabkan murahnya biaya transaksi yang harus dibayar, lebih murah daripada harus melakukan transaksi melalui bank. Penggunaan bitcoin juga dapat dilakukan di mana pun Anda berada tanpa perlu adanya ketentuan dan batasan – batasan tertentu.

Sayangnya, keuntungan yang cukup menarik diatas bukanlah tanpa kerugian. Kurangnya informasi – informasi pada transaksi menyebabkan bitcoin digemari oleh para pelaku kejahatan. Sebagai contoh, ransomware wannacry yang baru – baru ini mengehebohkan dunia juga meminta tebusannya melalui bitcoin. Selain itu, sifatnya yang virtual juga mengakibatkan Anda dapat kehilangan seluruh bitcoin Anda apabila perangkat keras penyimpanan bitcoinnya mengalami kerusakan.

Bagi kita warga Indonesia sendiri, Bank Indonesia telah menyuarakan peringatan bagi pengguna bitcoin. Hal ini karena bitcoin sendiri dianggap bukan alat tukar yang sah, ditambah lagi value-nya yang cenderung tidak stabil. Karena itu, ada baiknya kita mempertimbangkan resiko penggunaan bitcoin ini.

Oleh: Medinfo

Sumber:

https://www.maxmanroe.com/mengenal-apa-itu-bitcoin-mata-uang-virtual-baru-di-dunia-internet.html

http://edukasibitcoin.com/legalitas-bitcoin-di-indonesia/

https://youtu.be/Um63OQz3bjo

 

No comments yet

Leave a Comment